Masih dalam tahap renovasi..

Sunday 28 August 2011

Wejangan Memilih Jurusan di PTN

Ni postingan pertama yang (lumayan) berisi di blog baru (baru di renovasi 2011, bikinnya udah 1945 à liat fixed footer ). Asal muasal napa bikin postingan ini gara-gara ada adik kelas tiba-tiba sms isinya kurang lebih gini : “ mas gimana sih caranya nyesuaiin pilihan jurusan berdasarkan nilai raport biar keterima di UI lewat jalur undangan?” (ternyata saya bisa jadi inspirasi juga )
Ni gara-garanya juga belum sempet jawab smsnya tu adik kelas, dan udah janji buat jelasin se detail-detailnya, sekalian aja buat postingan di sini. Semoga bermanfaat buat yang lain.


TIPS MENYESUAIKAN NILAI RAPORT DENGAN JURUSAN PILIHAN DI PTN SECARA RELEVANT JALUR SNMPTN UNDANGAN/PMDK

1.       NILAI MAPEL
1.1   Perhatikan nilai mata pelajaran apa aja yang mulai dari semester 1-5 tiap semesternya selalu meningkat.
1.2   Ataupun nilainya stabil tiap semesternya. Tetapi di usahakan stabil di kisaran >7.00 indeks 10.00
1.3   Nilai boleh naik turun asalkan posisi grafik terakhir dari semester 4 ke semester 5 naik.
1.4   Usahakan yang di lihat nilai mapel yang mendukung jurusan. Ex. Jurusan Sistem Informasi : mapel yang dilihat TIK, Matematika, Fisika, B. Inggris.

2.       RANKING 
       Biasanya yang bikin bingung adalah, jika nilai adik-adik turun dari semester sebelumnya, tetapi rankingnya naik, point ke-2 ini bisa menjadi solusi. Tidak apa-apa kalau ada kasus seperti itu, berarti adik2 ada kenaikan prestasi disbanding teman2 adik2 yang lainnya.
       Usahakan Ranking adik2 selalu berada dikisaran 5 besar kelas. Jikalau ranking naik turun, usahakan grafik ranking semester 4 lebih tinggi dari semester 5 agar ada kenaikan prestasi.

3.        DAYA TAMPUNG
        Tentunya jika daya tampungnya lebih banyak, peluang juga terbuka lebar. :D

4.       PEMINAT
        Liat peminat tahun sebelumnya. Kalo bisa peminat 3 tahun terakhir. Peminat=saingan. Banyak peminat, banyak saingan. L

5.       RASIO/PERBANDINGAN
       Bikin perbandingan Daya Tampung: Peminat. Ex. Peminat jurusan kedokteran 150 orang dan daya tampung 16. Jadi 16:150. Di sederhanakan jadi 1:10 (usahakan pembulatan ke atas). Ini berarti 1 kursi di FK diperebutkan 10 oarng peminat

6.       SAINGAN INTERN
       Perhatikan saingan yang berasal dari satu sekolah yang memilih jurusan yang sama. Jika selisih nilai adik-adik jauh lebih rendah sangat beresiko tersingkir lebih dini. Namun jika  nilai adik-adik masih naik turun dengan saingannya, masih boleh memilih jurusan ang sama.

7.      SERTIFIKAT
        Pilih sertifikat yang memiliki grade paling tinggi (jika di batasi dalam pelampiran sertikat). Sertifikat tingkat provinsi lebih tinggi dari sertifikat tingkat kabupaten. (pastinya!grr)
       Kalau bisa pilih  juga sertifikat yang mendukung jurusan anda.

8.       ALMAMATER
       Amati apakah almamater adik-adik sudah mendapat tempat di Universitas yang adik-adik pilih. Biasanya Universitas menilai dari alumni alamater kita yang lebih dulu berada di universitas tersebut apakah berprestasi atau tidak.

9.       FEELING
       Yang satu ini gak ada teorinya. Ada pepatah mengatakan (pepatahnya siapa?): jika kamu meyakini sesuatu itu terjadi, sesuatu itu akan bener-bener terjadi!

10.   DOA
        Doa saya letakkan terakhir bukan berarti doa tidak penting. Namun setelah kita berupaya sekuat tenaga dan pikiran sampai kita idak tahu apa yang akan kita lakukan lagi, mak berdoalah.

Semoga bermanfaat untuk adik-adik kelasku. J
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl
print this page

0 comments:

Post a Comment

/ *Sambungan Footer */